Selasa, 05 Mei 2015

Warga Gang Sawahan Bangga IPAL Komunalnya Menjadi IPAL Percontohan

Tim USRI Jatim bersama KPP IPAL Komunal "TARUNA"
W­­arga Gang Sawahan di hari Minggu (3/5/2015) menyambut dengan antusias tim fasilitator Urban Sanitation and Rular Infrastructure (USRI) Provinsi Jawa Timur yang dating di Gang Sawahan Kelurahan Sumbang Bojonegoro dalam rangka pengambilan gambar video untuk pembuatan film dokumentasi tentang pemanfaatan sanitasi masyarakat (Sanimas) Instalasi  Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal. Perlu diketahui bahwa IPAL Komunal yang dibangun pada akhir tahun 2013 di kelurahan Sumbang tepatnya di Gang Sawahan merupakan IPAL Komunal terbaik di Bojonegoro diantara IPAL-IPAL yang ada di kelurahan lain.


Karena menjadi IPAL Komunal terbaik di Bojonegoro maka sanimas ini menjadi sanimas percontohan untuk kabupaten lain yang akan menjadi target pembangunan sanimas berikutnya. Sanimas yang berbentuk IPAL Komunal di Gang Sawahan Kelurahan Sumbang ini menjadi yang terbaik karena pembangunannya dilaksanakan tepat waktu dan sesuai dengan rencana konstruksi yang ada. Selain itu dalam pemanfaatannya juga sangat baik. Masyarakat sekitar sangat terbantu dalam kebersihan lingkungan dengan adanya IPAL Komunal tersebut.

IPAL Komunal merupakan suatu tempat limbah (septic tank) berukuran besar (4x20 m) yang berfungsi untuk menampung dan mengolah limbah rumah tangga agar menjadi limbah yang bersih dan tidak mencemari lingkungan. Limbah rumah tangga yang masuk bisa berupa limbah dapur dan MCK. Dengan masuknya limbah rumah tangga ke IPAL maka selokan-selokan atau saluran air yang ada di sekitar rumah tangga menjadi lebih bersih dan tidak bau.

Tim dari Provinsi Jawa Timur yang dating bersama rumah produksi yang ditunjuk didampingi oleh perangkat Kelurahan Sumbang dan ketua RT. 16-17 serta ketua RW. 05 Kelurahan Sumbang. Tim tersebut disambut oleh Kelompok Pengguna dan Pemanfaat (KPP) IPAL Komunal yang diketuai oleh Triyono. IPAL Komunal yang telah dibangun oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sawahan ini sangat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Lokasi IPAL ini sebelumnga adalah jalan yang di sekelilingnya menjadi tempat sampah, setelah dibangun IPAL sekarang menjadi bersih bahkan di atas IPAL tersebut sekarang didirikan sebuah warung kopi.




Di sebelah IPAL tersebut juga ada tambak yang dikelola oleh pengurus RT. 16-17 bersama pemuda Gang Sawahan. Tambak tersebut sekarang airnya menjadi bersih karena limbah rumah tangga yang sebelumnya masuk ke tambak sekarang semuanya masuk ke IPAL. Air yang ada di tambak menjadi bersih dan ikanpun lebih sehat.

Rumah produksi yang ditunjuk untuk mengambil dokumentasi merasa sangat puas karena IPAL yang ada di kelurahan Sumbang tersebut benar-benar dimanfaatkan. “Kami sangat kagum karena baru kali ini terlihat warga di perkotaan tapi sangat guyub, perwakilan dari kelurahan juga hadir untuk menyambut kadetangan kami” ujar Galih pimpinan rumah produksi tersebut. Yudi menambahkan “ditempat lain kadang untuk menemuhi Kepala Kelurahan saja sangat sulit, lebih mudah menemui bupati tapi disini tidak seperti itu”.

Pengambilan gambar tidak hanya dari bawah saja tapi juga diambil dari udara dengan menggunakan robot yang bisa terbang senhingga lokasi sanimas IPAL Komunal dan rumah warga yang memanfaatkan sanimas tersebut bisa terlihat secara keseluruhan.

Pada malam harinya tim rumah produksi kembali mengambil dokumentasi karena di atas IPAL tersebut juga dilaksanakan ngopi bareng antara warga, pemuda dan juga KPP IPAL. Di atas IPAL tersebut selain dilaksankan rembug wara juga dilaksanakan nonton bareng dokumentasi yang telah diambil pada siangnya serta nonton bareng Moto GP dan nonton pertandingan Liga Inggris. Dari situ menunjukkan bahwa IPAL Komunal Gang Sawahan benar-benar dimanfaatkan oleh warga Gang Sawahan Kelurahan Sumbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar