Senin, 08 Oktober 2018

Pemuda Gang Sawahan Tingkatkan Kekompakan dengan Acara Outbound Ke Sarangan


Kekompakan adalah kunci dari keberhasilan membangun lingkungan walupun hanya seluas lingkungan gang Sawahan. Tua muda, laki-laki perempuan harus selalu kompak, rukun dan guyub dalam membangun lingkungan, tanpa suatu kekompakan mustahil bisa membangun lingkungan untuk lebih maju. Sawahan merupakan salah satu icon dari Kelurahan Sumbang yang dikenal masyarakatnya kompak dalam kegiatan apapun. Guna meningkatkan kekompakan itu, remaja Gang Sawahan yang didukung penuh oleh pengurus RT 17 mengadakan acara Outbound ke Kampung Pinus, Sarangan Kabupaten Magetan.
Tanggal 6 Oktober 2018 pukul 15.15 WIB satu bus dan 3 mobil yang berisi pemuda gang Sawahan yang diikuti oleh pengurus RT 17 beserta keluarganya berangkat ke Kampung Pinus Sarangan Kabupaten Magetan. Perjalanan dari Bojonegoro ke Sarangan berjalan dengan lancar dan sampai di Kampung Pinus pukul 19.35 WIB. Makan malam bersama langsung dilakukan di tempat penginapan yang telah disediakan untuk pengurus RT. Setelah makan malam dilanjutkan dengan acara ramah tamah dalam bentuk karaoke bersama, membuat api unggun, dan bakar-bakar jagung bersama. Acara ini dilakukan sampai pukul 22.00 WIB.

Menghilangkan dinginnya malam dengan membakar jagung

Renungan malam merupakan acara berikutnya yang diikuti oleh seluruh pemuda gang Sawahan. Acara yang dipimpin oleh ketua pemuda (Agus Siswanto) ini berjalan dengan hikmat. Ketua pemuda mengajak seluruh pemuda untuk merenung, “gang Sawahan dulu merupakan kampung yang dikenal dengan pencurinya, kekumuhannya, tukang judinya, namun saat ini gang sawahan dikenal dengan kekompakannya, kebersihannya, kemajuannya. Itu karena perjuangan dari tokoh-tokoh gang Sawahan yang telah berjuang untuk menghapus anggapan negatif tentang gang Sawahan. Beliau telah berjuang untuk membangun gang Sawahan ini jauh lebih maju dari tahun-tahun yang lalu, bahkan lebih maju dari gang-gang lainnya di kelurahan Sumbang. Untuk itu kita sebagai pemuda harus menghargai perjuangan tokoh-tokoh kita tersebut dengan cara mampu membuat lingkunga ini lebih maju” ujar Agus Siswanto. Acara renungan ini selesai sekitar pukul 24.00 WIB yang dilanjutkan istirahat bersama di tenda yang telah disiapkan oleh panitia.
Perkemahan Kampung Pinus tempat para pemuda bermalam

Di pagi harinya (7/10/2018) pemuda mengadakan acara outbound guna membangun kekompakan bersama, sedangkan para pengurus RT turun ke telaga Sarangan untuk menikmati dahnya alam.  Seluruh pemuda tampak bersemangat dalam mengikuti acara outbound ini. Salah satu permainan dalam acara outbound ini adalah mencari pedang dalam keadaan mata tertutup kemudian menyerang musuhnya. Peserta mencari pedang dengan mata tertutup dan mengikuti petunjuk timnya yang berteriak mengarahkan kemana harus mencari pedang dan musuhnya. Tim yang kompak dalam mengarahkan temannya yang tertutup matanya dialah yang akan menang. Setelah acara outbound selesai pemuda juga turun ke area telaga sarangan guna santai dan rilek sambil melihat-lihat indahnya alam. Selanjutnya pukul 12.00 WIB seluruh peserta melaksanakan makan siang yang dilanjutkan pulang ke Bojonegoro.
Kompak Kunci Membangun Lingkungan


Salah Satu Permainan Outbound Pemuda Sawahan di Kampung Pinus
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar